Selasa, 14 Maret 2017

Danau Tiga Warna



Keindahan Danau Tiga Warna Di Gunung
Kalimutu
Potensi pariwisata Indonesia Timur akhir-akhir ini sudah semakin melejit dikalangan turis domestik maupun asing. Salah satunya di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini memang sudah terkenal dengan kekayaan alamnya yang membuat wisatawan betah untuk berkunjung kesini. Dari sekian banyaknya tempat pariwisata yang menggangumkan, ada tempat wajib yang harus Anda kunjungi ketika sedang di Pulau Flores, yakni Gunung Kelimutu.
Gunung berapi yang terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur ini menyimpan harta karun alamnya yang luar biasa. Yang menjadi daya tarik tempat ini justru berada di puncak gunung tersebut yakni Danau Kelimutu atau yang lebih dikenal dengan Danau Tiga Warna.

Ya, Danau yang berada tepat di atas puncak Gunung Kelimutu ini memang memiliki tiga warna yang berbeda-beda. Yang lebih uniknya lagi, air dari ketiga danau tersebut dapat berubah-ubah senada dengan berjalannya waktu. Bahkan, perubahan warna dari air danau pun tidak dapat diprediksi. Konon, masing-masing warna dari ketiga danau tersebut pun juga memiliki arti dankekuatan alam yang dahsyat. Legenda ini pun masih dipercaya oleh masyarakat setempat.
Ketiga warna tersebut adalah Warna Biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” yang diyakini sebagai tempat berkumpulnya orang-orang meninggal dunia saat usia muda. Berbeda dengan Warna Merah atau “Tiwu Ata Polo” yang diyakini menjadi tempat berkumpulnya arwah orang-orang yang semasa hidupnya sering melakukan perbuatan jahat. Dan yang terakhir adalah Putih atau “Tiwu Ata Mbupu” yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat berkumpulnya arwah-arwah leluhur mereka yang meninggal saat mereka tua.
Tidak hanya diyakini sebagai tempat berkumpulnya para arwah, masyarakat setempat juga mempercayai Danau Kelimutu adalah danau keramat yang memberikan kesuburan untuk daerah di sekitarnya. Tak jarang ketika orang yang bertandang ke tempat ini dan menjadi beruntung. Tidak susah juga untuk bertemu  masyarakat setempat yang sedang melakukan upacara adat di Danau Kelimutu. Biasanya mereka akan berkumpul dan memberikan hasil bumi kepada arwah-arwah yang mereka percayai menempati danau tersebut.

Selain terkenal karena fenomena alam danau tiga warna, Danau Kelimutu yang juga bagian dari Taman Nasional Kelimutu ini memiliki daya tarik lainnya seperti aneka ragam flora dan fauna. Anda dapat menemukan berbagai jenis flora seperti pinus, cemara, kayu merah, dan bunga yang sulit untuk dijumpai di perkotaan yakni edelweiss. Dan fauna yang bisa Anda jumpai antara lain adalah tikus gunung, banteng, kijang, luwak, landak, kancil dan juga menjadi habitat sekitar 19 burung yang terancam punah.
Jika Anda berencana untuk menginjakkan kaki ke Gunung Kelimutu, Anda harus membayarkan uang masuk sebesar Rp 2.000 saja. Kemudian, perjalanan menuju puncak dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri anak tangga yang cukup banyak. Dan pastikan Anda tidak salah memakai sepatu sebelum berangkat.

Datang pada pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Tiga Warna, khususnya sekitar pukul 03.30 agar Anda dapat merasakan sensasi matahari terbit dengan pemandangan danau yang berbeda warna. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera ditangan Anda untuk turut mengabadikan suasana tersebut. Gunakan juga produk strap kulit dari York Goods yakni Wellington – Leather Camera Wrist Strap yang akan membuat kamera Anda dapat digantung pada pergelangan tangan Anda. Pastinya Anda tidak ingin melewatkan momen berharga ini bukan?
Berbicara soal akomodasi tempat, hotel yang tersedia di daerah Kelimutu pun juga sudah banyak. Salah satunya adalah Watugana Bungalow yang cocok untuk para backpacker. Penginapan dengan konsep bungalow ini memiliki lima kamar dan setiap kamarnya memiliki harga yang berkisar Rp 150.000,- sampai Rp 250.000,-. Jangan lupa juga untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena terbatasnya jumlah kamar yang ada.


Dibuat Oleh :Dini Indriani
Sumber : yorkgoods.com/keunikan-danau-tiga-warna-di-gunung-kelimutu/
 



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support