Sabtu, 25 Maret 2017

Pengertian Gerhana Bulan dan Proses Terjadinya Gerhana Bulan



Pengertian gerhana bulan adalah peristiwa matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis sehingga bayangan bumi menutupi sebagian atau keseluruhan bulan. Proses terjadinya gerhana bulan dari wikipedia adalah saat bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis yang sama. Akibatnya, sinar matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi.   

 

Ada yang mengatakan bahwa gerhana bulan lebih sering terjadi dibandingkan dengan gerhana matahari. Pernyataan tersebut salah. Di setiap satu abad sebenarnya gerhana matahari terjadi sekitar 238 kali. Sedangkan gerhana bulan terjadi sekitar 154 kali. Akan tetapi yang kita alami berbeda. Kita cenderung sering mengamati atau melihat gerhana bulan lebih sering. Benar bukan? Mengapa demikian? Karena gerhana bulan dapat teramati pada sebagian bumi pada waktu malam. Sehingga kita bisa melihat dan sering menyaksikan gerhana bulan. Berlangsungnya gerhana bulan lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari.
Gerhana bulan dibagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Gerhana bulan total;
Terjadi pada saat bulan tepat berada ditengah daerah umbra.
2. Gerhana bulan sebagian;
Terjadi pada saat bulan berada pada daerah penumbra. Pada gerhana ini masih ada sinar yang mengenai permukaan bulan.
3. Gerhana bulan penumbra
Terjadi pada saat seluruh bulan pada bagian penumbra. Bisa kita lihat gerhana bulan ini jika warna bulan terlihat suram.
Saat terjadi gerhana bulan total, bulan akan terlihat kemerahan. Hal tersebut berhubungan dengan atmosfer. Pada suatu tempat atau negera tertentu, gerhana bulan total terlihat lebih merah. Jika semakin merah, maka suatu tempat tersebut tingkat polusinya semakin kuat.

Warna asli dari gerhana bulan total adalah gelap. Bulan berwarna merah karena bumi memiliki atmosfer sehingga kita dapat melihatnya. Atmosfer akan membiaskan cahaya matahari dan warna biru yang memiliki panjang gelombang tertentu dibiaskan sehingga warna merahlah yang banyak mengenai permukaan bulan. Demikian penjelasan mengenai gerhana bulan dan proses terjadinya sesuai kemampuak pak guru. Semoga bermanfaat.
 

Oleh : Denis Rianto [A2.1600044]
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support